Manhole Jadi Pertama Kali Prangko di Higashi Hiroshima Jepang

Kegemaran baru di Jepang, mulai populer sejak tahun 2010, membuat pemda kota Higashi Hiroshima mengeluarkan prangko Manhole (lubang masuk ke saluran air bawah tanah) dengan penutup (futa) yang beranekaragam.

“Untuk mempromosikan kota Higashi Hiroshima lebih luas kita menggunakan tema Manhole untuk prangko sehingga bisa diraih seluruh kalangan di Jepang terutama di daerah Hiroshima,” papar Tanabe seorang pejabat pemda Higashi Hiroshima khusus kepada JIEF  Rabu ini (13/12/2017).

Lalu mengapa promosi menggunakan gambar penutup manhole tersebut yang juga jadi hobi banyak penggemar di Jepang saat ini?

“Manhole di Higashi Hiroshima saat ini cukup banyak yaitu ada 10 jenis. Itu sebabnya saat diusulkan ke kantorpos mereka mengajukan ide gambar manhole saja yang dijadikan prangko, maka jadilah prangko tersebut untuk bagian promosi kota kami,” lanjutnya.

Prangko di Jepang berlaku seumur hidup dan prangko tema manhole ini pertama kali dalam sejarah perprangkoan di Jepang, seiring dengan semakin meningkatnya penggemar dan pemburu foto manhole di Jepang yang sangat bervariatif.

Diperkirakan saat ini sedikitnya 12.000 manhole beraneka macam bermunculan di Jepang dengan berbagai motif gambar dan bahkan warna-warni sehingga sangat menarik perhatian banyak penggemarnya baik dalam negeri Jepang bahkan sampai ke berbagai negara.

Para turis asing datang ke Jepang kini tidak sedikit dengan maksud berburu manhole di berbagai tempat yang ada di Jepang.

Foto sana-sini manhole di Jepang dan meng upload nya ke Instagram mereka masing-masing.

Untuk penggemar di Indonesia dan Jepang mungkin bisa bergabung ke komunita smanhole Jepang di facebook ini: https://www.facebook.com/groups/manholejapan/

Be the first to comment

Leave a Reply